Menjelajahi Dunia Hewan dan Tumbuhan di Sekitar Kita: Contoh Soal Tema 3 Kelas 4 Subtema 1 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)

Menjelajahi Dunia Hewan dan Tumbuhan di Sekitar Kita: Contoh Soal Tema 3 Kelas 4 Subtema 1 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)

Pendidikan adalah jendela dunia, dan salah satu cara terbaik untuk memahami dunia di sekitar kita adalah melalui pembelajaran yang terintegrasi. Untuk siswa kelas 4 SD, Tema 3: Peduli Terhadap Makhluk Hidup, khususnya Subtema 1: Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku, adalah pintu gerbang untuk menumbuhkan rasa empati dan tanggung jawab terhadap alam. Subtema ini mengajak siswa untuk mengenal lebih dekat berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar mereka, memahami peran pentingnya, serta belajar bagaimana cara merawat dan melestarikan mereka.

Artikel ini dirancang untuk membantu siswa, orang tua, dan guru dalam mempersiapkan diri menghadapi evaluasi pembelajaran. Kami akan menyajikan contoh-contoh soal dari berbagai mata pelajaran yang terintegrasi dalam subtema ini, yaitu Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Setiap soal akan dilengkapi dengan pilihan jawaban (untuk soal pilihan ganda) dan penjelasan lengkap mengenai jawaban yang benar, sehingga tidak hanya menjadi latihan soal, tetapi juga sarana belajar yang efektif.

Menjelajahi Dunia Hewan dan Tumbuhan di Sekitar Kita: Contoh Soal Tema 3 Kelas 4 Subtema 1 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)

Mari kita mulai petualangan belajar kita!

I. Bahasa Indonesia: Menggali Informasi dari Teks dan Wawancara

Dalam subtema ini, fokus Bahasa Indonesia adalah kemampuan siswa dalam membaca teks informatif (teks laporan hasil observasi sederhana), menemukan ide pokok, informasi penting, serta mengembangkan keterampilan wawancara.

A. Soal Pilihan Ganda

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-3!

Si Mungil yang Bermanfaat: Kucing Peliharaan

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia. Mereka dikenal karena sifatnya yang lucu, manja, dan tingkah lakunya yang menggemaskan. Kucing memiliki tubuh yang lentur, cakar yang tajam, dan kumis panjang yang membantunya merasakan lingkungan sekitar. Makanan utama kucing adalah daging, namun banyak juga kucing yang menyukai makanan khusus kucing yang diformulasikan secara komersial.

Merawat kucing membutuhkan tanggung jawab. Kita harus memberinya makan secara teratur, menyediakan air bersih, membersihkan kandangnya, dan membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan. Kucing dapat hidup hingga 15-20 tahun jika dirawat dengan baik. Kehadiran kucing di rumah dapat mengurangi stres, menjadi teman bermain, dan bahkan membantu mengusir tikus.

  1. Apa ide pokok paragraf pertama dari teks di atas?
    a. Makanan utama kucing adalah daging.
    b. Kucing adalah hewan peliharaan populer dan ciri-cirinya.
    c. Kucing memiliki cakar tajam dan kumis panjang.
    d. Kucing dapat hidup hingga 15-20 tahun.

    Jawaban: b. Kucing adalah hewan peliharaan populer dan ciri-cirinya.
    Penjelasan: Ide pokok adalah gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Paragraf pertama secara keseluruhan membahas tentang kucing sebagai hewan peliharaan yang populer dan kemudian menjelaskan ciri-ciri fisiknya secara umum. Pilihan a dan c hanya menjelaskan sebagian kecil dari informasi yang ada di paragraf tersebut, sementara pilihan d adalah informasi dari paragraf kedua.

  2. Berikut ini adalah manfaat memelihara kucing, kecuali
    a. Mengurangi stres.
    b. Menjadi teman bermain.
    c. Membantu mengusir tikus.
    d. Membutuhkan biaya perawatan yang mahal.

    Jawaban: d. Membutuhkan biaya perawatan yang mahal.
    Penjelasan: Soal menanyakan manfaat memelihara kucing, kecuali. Pilihan a, b, dan c secara eksplisit disebutkan dalam teks sebagai manfaat. Pilihan d, meskipun benar secara kenyataan bahwa merawat kucing membutuhkan biaya, ini bukanlah manfaat dari memelihara kucing, melainkan konsekuensi atau tanggung jawab.

  3. Kata "lentur" dalam teks memiliki arti yang paling mendekati…
    a. Keras dan kaku.
    b. Mudah dibengkokkan atau dilengkungkan.
    c. Berat dan besar.
    d. Lemah dan tidak bertenaga.

    Jawaban: b. Mudah dibengkokkan atau dilengkungkan.
    Penjelasan: Kata "lentur" digunakan untuk menggambarkan tubuh kucing yang fleksibel dan mudah bergerak. Arti yang paling sesuai adalah "mudah dibengkokkan atau dilengkungkan," yang memungkinkan kucing bergerak lincah dan masuk ke tempat-tempat sempit.

READ  Menggali Masa Lalu, Membangun Pemahaman: Contoh Soal Esai Sejarah Kelas 10 Semester 1 KTSP

B. Soal Uraian

  1. Tuliskan tiga informasi penting yang kamu dapatkan dari teks "Si Mungil yang Bermanfaat: Kucing Peliharaan"!
    Jawaban: Informasi penting dapat bervariasi, namun contohnya adalah:

    • Kucing adalah hewan peliharaan populer yang memiliki ciri-ciri tubuh lentur, cakar tajam, dan kumis panjang.
    • Merawat kucing membutuhkan tanggung jawab seperti memberi makan, air, membersihkan kandang, dan pemeriksaan dokter hewan.
    • Manfaat memelihara kucing antara lain mengurangi stres, menjadi teman bermain, dan membantu mengusir tikus.
      Penjelasan: Untuk menjawab soal ini, siswa harus mampu mengidentifikasi kalimat-kalimat kunci atau fakta-fakta penting yang disampaikan dalam teks, bukan hanya kalimat pelengkap.
  2. Jika kamu ingin melakukan wawancara dengan seorang petani tentang cara merawat tanaman padi, tuliskan dua pertanyaan yang akan kamu ajukan!
    Jawaban: Contoh pertanyaan wawancara:

    • "Bapak/Ibu, bagaimana tahapan awal dalam menanam padi agar hasilnya baik?"
    • "Pupuk jenis apa yang paling efektif digunakan untuk tanaman padi, dan kapan waktu terbaik untuk memberikannya?"
      Penjelasan: Pertanyaan wawancara yang baik harus terbuka (tidak hanya dijawab ya/tidak), relevan dengan topik, dan bertujuan untuk mendapatkan informasi yang spesifik dan detail dari narasumber.

II. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): Bagian Tubuh dan Kebutuhan Makhluk Hidup

Aspek IPA dalam subtema ini menitikberatkan pada pengenalan bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan beserta fungsinya, serta kebutuhan dasar makhluk hidup untuk bertahan hidup.

A. Soal Pilihan Ganda

  1. Perhatikan gambar bagian tumbuhan di bawah ini!
    [Bayangkan gambar tumbuhan dengan panah menunjuk ke akar, batang, daun, bunga, buah]
    Bagian tumbuhan yang berfungsi untuk menyerap air dan zat hara dari dalam tanah adalah…
    a. Daun
    b. Bunga
    c. Akar
    d. Batang

    Jawaban: c. Akar
    Penjelasan: Akar adalah bagian tumbuhan yang biasanya berada di bawah tanah. Fungsi utamanya adalah menyerap air dan nutrisi (zat hara) dari tanah, serta menopang tumbuhan agar berdiri kokoh. Daun berfungsi untuk fotosintesis, bunga untuk reproduksi, dan batang untuk menyalurkan air serta menopang daun.

  2. Berikut ini adalah kebutuhan dasar seekor ayam agar dapat tumbuh dengan baik, kecuali
    a. Makanan dan minuman yang cukup.
    b. Kandang yang bersih dan aman.
    c. Pakaian yang hangat.
    d. Udara segar.

    Jawaban: c. Pakaian yang hangat.
    Penjelasan: Soal menanyakan kebutuhan dasar ayam, kecuali. Ayam, seperti hewan lainnya, membutuhkan makanan, minuman, tempat tinggal yang aman, dan udara segar untuk bertahan hidup dan tumbuh. Ayam tidak membutuhkan pakaian seperti manusia.

  3. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari…
    a. Kepompong – telur – ulat – kupu-kupu.
    b. Telur – ulat – kepompong – kupu-kupu.
    c. Ulat – kepompong – telur – kupu-kupu.
    d. Kupu-kupu – telur – kepompong – ulat.

    Jawaban: b. Telur – ulat – kepompong – kupu-kupu.
    Penjelasan: Daur hidup kupu-kupu adalah metamorfosis sempurna. Urutannya dimulai dari telur yang menetas menjadi ulat (larva), kemudian ulat berubah menjadi kepompong (pupa), dan dari kepompong keluarlah kupu-kupu dewasa.

B. Soal Uraian

  1. Jelaskan fungsi dari daun pada tumbuhan!
    Jawaban: Daun pada tumbuhan memiliki fungsi utama sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dengan bantuan sinar matahari, air, dan karbon dioksida. Selain itu, daun juga berperan dalam penguapan air (transpirasi) dan pernapasan tumbuhan.
    Penjelasan: Jawaban ini menjelaskan dua fungsi utama daun secara rinci, yaitu fotosintesis dan transpirasi/respirasi, yang merupakan konsep kunci dalam biologi tumbuhan.

  2. Mengapa hewan peliharaan kita membutuhkan tempat tinggal atau kandang yang bersih?
    Jawaban: Hewan peliharaan membutuhkan tempat tinggal atau kandang yang bersih karena beberapa alasan penting:

    • Kesehatan: Kandang yang kotor menjadi sarang kuman, bakteri, dan parasit yang dapat menyebabkan hewan sakit.
    • Kenyamanan: Lingkungan yang bersih membuat hewan merasa nyaman dan tidak stres.
    • Keamanan: Kandang yang terawat melindungi hewan dari bahaya luar seperti predator atau cuaca ekstrem.
    • Kebersihan Lingkungan: Kandang yang bersih juga menjaga kebersihan lingkungan rumah kita dari bau tidak sedap dan kotoran.
      Penjelasan: Jawaban ini tidak hanya menyatakan "agar sehat", tetapi memberikan beberapa alasan yang lebih mendalam dan komprehensif mengapa kebersihan kandang itu penting, mencakup aspek kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan dampak lingkungan.
READ  Menjelajah Dunia Benda di Sekitarku: Kumpulan Contoh Soal Tema 3 Kelas 3 Beserta Pembahasan Lengkap

III. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn): Hak dan Kewajiban

Pada bagian PPKn, siswa diajak untuk memahami hak dan kewajiban mereka terhadap hewan dan tumbuhan di sekitar, serta dampak dari pelaksanaan atau pengabaian kewajiban tersebut.

A. Soal Pilihan Ganda

  1. Berikut ini adalah contoh pelaksanaan kewajiban kita terhadap tanaman di lingkungan rumah, kecuali
    a. Menyiram tanaman secara teratur.
    b. Memberi pupuk sesuai kebutuhan.
    c. Mencabut rumput liar di sekitar tanaman.
    d. Memetik bunga atau daun tanpa izin.

    Jawaban: d. Memetik bunga atau daun tanpa izin.
    Penjelasan: Pilihan a, b, dan c adalah tindakan merawat dan menjaga tanaman, yang merupakan bagian dari kewajiban kita. Memetik bunga atau daun tanpa izin, terutama jika itu milik orang lain atau merusak tanaman, bukanlah kewajiban melainkan tindakan yang tidak bertanggung jawab.

  2. Ketika kita telah melaksanakan kewajiban merawat hewan peliharaan dengan baik, hak yang akan kita dapatkan adalah…
    a. Hewan tersebut akan selalu sehat dan ceria.
    b. Kita boleh memukul hewan jika nakal.
    c. Kita tidak perlu lagi membersihkan kandangnya.
    d. Kita bisa menjualnya dengan harga tinggi.

    Jawaban: a. Hewan tersebut akan selalu sehat dan ceria.
    Penjelasan: Hak yang kita dapatkan setelah melaksanakan kewajiban merawat hewan adalah melihat hewan tersebut sehat, bahagia, dan memberikan kasih sayang kembali kepada kita. Pilihan b jelas salah dan merupakan tindakan kekerasan. Pilihan c adalah pengabaian kewajiban. Pilihan d bisa menjadi konsekuensi tetapi bukan hak utama yang bersifat langsung dari tindakan merawat.

  3. Apa dampak jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal hewan, seperti kandang ayam?
    a. Ayam akan semakin gemuk.
    b. Lingkungan menjadi bersih dan rapi.
    c. Ayam mudah terserang penyakit dan lingkungan menjadi bau.
    d. Ayam akan bertelur lebih banyak.

    Jawaban: c. Ayam mudah terserang penyakit dan lingkungan menjadi bau.
    Penjelasan: Mengabaikan kebersihan kandang hewan akan menyebabkan penumpukan kotoran, yang menjadi sarang penyakit dan menyebabkan bau tidak sedap. Ini tentu berdampak buruk bagi kesehatan hewan dan kenyamanan lingkungan sekitar.

B. Soal Uraian

  1. Sebutkan dua contoh kewajibanmu terhadap pohon mangga yang tumbuh di halaman rumahmu!
    Jawaban: Dua contoh kewajiban terhadap pohon mangga:

    • Menyiram pohon mangga secara teratur, terutama saat musim kemarau.
    • Memberikan pupuk agar pohon mangga tumbuh subur dan berbuah lebat.
    • Membersihkan gulma atau rumput liar yang tumbuh di sekitar pohon agar tidak mengganggu pertumbuhan.
      Penjelasan: Jawaban ini berfokus pada tindakan konkret yang menunjukkan tanggung jawab dalam merawat tanaman.
  2. Mengapa kita perlu menyeimbangkan antara hak dan kewajiban kita terhadap makhluk hidup di sekitar?
    Jawaban: Kita perlu menyeimbangkan antara hak dan kewajiban terhadap makhluk hidup di sekitar karena:

    • Menciptakan Keseimbangan Alam: Jika hanya menuntut hak (misalnya menikmati keindahan alam) tanpa menjalankan kewajiban (misalnya menjaga kebersihan), maka alam akan rusak dan hak kita pun tidak bisa terpenuhi lagi.
    • Menjamin Kelangsungan Hidup: Dengan menjalankan kewajiban merawat, kita membantu makhluk hidup lain untuk bertahan dan berkembang, sehingga mereka juga dapat memenuhi perannya dalam ekosistem.
    • Membangun Lingkungan yang Harmonis: Keseimbangan hak dan kewajiban menciptakan lingkungan yang sehat, nyaman, dan harmonis bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia.
      Penjelasan: Jawaban ini menjelaskan pentingnya keseimbangan hak dan kewajiban dari perspektif ekologi, keberlanjutan, dan sosial, yang merupakan inti dari pendidikan PPKn.
READ  Menggali Jauh ke Masa Lalu: Panduan Lengkap Contoh Soal Esai Sejarah Peminatan Kelas XI Semester 1

IV. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP): Kreasi dengan Bahan Alam

Pada SBdP, siswa diajak untuk berkreasi menggunakan bahan-bahan di sekitar, seringkali berkaitan dengan hewan dan tumbuhan, seperti teknik kolase, mozaik, atau montase.

A. Soal Pilihan Ganda

  1. Seni menempelkan potongan-potongan kecil bahan yang berbeda jenis (seperti kertas, kain, biji-bijian, atau daun kering) pada suatu bidang datar sehingga membentuk sebuah objek baru disebut…
    a. Montase
    b. Mozaik
    c. Kolase
    d. Lukisan

    Jawaban: c. Kolase
    Penjelasan: Kolase adalah teknik seni menempel berbagai macam bahan yang berbeda jenis (tekstur, warna, bentuk) pada satu permukaan untuk menciptakan komposisi baru.

  2. Teknik seni menempelkan potongan-potongan bahan yang sejenis (misalnya hanya kertas warna-warni, atau hanya keramik) yang disusun rapat dan beraturan untuk membentuk gambar atau pola disebut…
    a. Montase
    b. Mozaik
    c. Kolase
    d. Patung

    Jawaban: b. Mozaik
    Penjelasan: Mozaik berbeda dengan kolase karena bahan yang digunakan cenderung sejenis dan dipotong kecil-kecil lalu disusun rapat membentuk pola atau gambar, seringkali menggunakan ubin, kaca, atau potongan kertas yang sama.

  3. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat kolase bertema hewan, kecuali
    a. Daun kering
    b. Biji-bijian
    c. Kain perca
    d. Cat air

    Jawaban: d. Cat air
    Penjelasan: Kolase adalah seni menempel. Daun kering, biji-bijian, dan kain perca adalah bahan yang bisa ditempel. Cat air digunakan untuk melukis, bukan menempel, sehingga tidak cocok untuk teknik kolase.

B. Soal Uraian

  1. Jelaskan perbedaan antara teknik kolase dan mozaik!
    Jawaban:

    • Kolase: Merupakan seni menempelkan berbagai macam bahan yang berbeda jenis (misalnya, biji-bijian, kain perca, kertas, daun kering) pada satu permukaan untuk membentuk suatu komposisi baru. Bahan-bahan ini bisa memiliki ukuran dan bentuk yang beragam.
    • Mozaik: Merupakan seni menempelkan potongan-potongan bahan yang sejenis (misalnya, hanya potongan kertas warna-warni, atau hanya pecahan keramik) yang disusun rapat dan beraturan pada suatu bidang datar untuk membentuk gambar atau pola. Potongan-potongan ini cenderung berukuran kecil dan seragam.
      Penjelasan: Jawaban ini dengan jelas membedakan kedua teknik berdasarkan jenis bahan dan cara penyusunannya, yang merupakan kunci pemahaman dalam SBdP subtema ini.

Tips Belajar untuk Menghadapi Ujian

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam evaluasi Subtema 1 Tema 3, ada beberapa tips yang bisa diikuti:

  1. Pahami Konsep, Bukan Hanya Hafalan: Cobalah mengerti mengapa sesuatu terjadi atau bagaimana suatu proses bekerja, bukan hanya menghafal definisinya.
  2. Baca Teks dengan Seksama: Untuk soal Bahasa Indonesia dan IPA, kemampuan membaca teliti dan menemukan informasi penting sangat krusial.
  3. Hubungkan dengan Kehidupan Sehari-hari: Konsep hak, kewajiban, dan perawatan makhluk hidup akan lebih mudah dipahami jika dihubungkan dengan pengalaman pribadi di rumah atau lingkungan sekitar.
  4. Praktikkan Kreativitas: Untuk SBdP, cobalah membuat karya seni kolase atau mozaik sederhana di rumah. Ini akan membantu memahami teknik dan bahan yang digunakan.
  5. Diskusikan dengan Guru atau Orang Tua: Jangan ragu bertanya jika ada materi yang kurang dipahami. Diskusi dapat membuka pemahaman baru.

Kesimpulan

Subtema 1 Tema 3 "Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku" bukan hanya tentang pengetahuan akademis, tetapi juga tentang pembentukan karakter peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Melalui latihan soal yang terintegrasi ini, diharapkan siswa tidak hanya siap secara kognitif untuk menghadapi evaluasi, tetapi juga semakin terinspirasi untuk menjadi individu yang mencintai dan menjaga keberlangsungan makhluk hidup di sekitar mereka.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sukses selalu dalam belajar!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *